Cara menentukan target penonton video animasi iklan bisnis anda

Cara menentukan target penonton video animasi iklan bisnis anda

Apakah Anda memilih video animasi iklan untuk mempromosikan bisnis Anda? Jika iya, apakah Anda sudah tahu bagaimana menentukan target penonton video animasi iklan yang tepat untuk bisnis Anda? Menggunakan video iklan animasi sebagai cara promosi bisnis online, merupakan hal yang menjadi wajib dilakukan. Pasalnya, peluang agar produk atau jasa kita untuk dikenal masyarakat luas semakin terbuka lebar. Tampilan video yang menarik perhatian, menjadi salah satu kelebihan iklan dengan video animasi.

Meskipun begitu, tantangan beriklan dengan video animasi adalah bagaimana cara menentukan target penonton video iklan tersebut. Mengetahui target penonton tersebut penting, karena Anda akan beriklan kepada calon pelanggan yang tepat sasaran, sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam iklan tersebut. Lalu bagaimana cara menentukan target penonton video animasi iklan bisnis Anda?

Cara Menentukan Target Penonton Video Animasi Iklan Bisnis Anda

Dilansir dari animasistudio.com, menentukan target penonton video iklan animasi bisnis ini memang tidak semudah menentukan target market pada bisnis secara umum. Misalnya, Anda ingin menjual produk makanan bayi dan beriklan dengan video animasi. Target market Anda tentunya para ibu muda yang memiliki anak balita, tetapi mungkin saja tidak semua ibu muda ini melihat video iklan Anda bukan?

Untuk lebih memudahkan penargetan tersebut, Anda bisa memperhatikan beberapa pernyataan berikut ini, kemudian sesuaikan dengan kondisi bisnis Anda:

  • Lokasi, hal ini akan berkaitan dengan tempat penonton video Anda. Hal ini juga biasanya berhubungan dengan tradisi, bahasa, budaya, yang mungkin harus Anda pertimbangkan sebelum membuat video.

  • Demografi, ini berkaitan dengan gender, umur, edukasi, pekerjaan, pemasukan, status dan lain sebagainya

  • Hobi serta Hal yang disukai, Anda perlu mencari tau apa saja yang mungkin disukai oleh penonton video Anda, namun berkaitan dengan produk yang Anda jual. Anda bisa meningkatkan brand awareness dengan mengangkat topik- topik yang lebih relevan

  • Hastags, Keywords dan Topik, Anda bisa mencari topik, hastags serta keyword yang biasanya digunakan oleh calon penonton Anda yang juga berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Gunakan keseluruhanya secara maksimal.

Setelah Anda menyesuaikan beberapa pernyataan diatas, kemudian Anda gambarkan dan Anda akan menemukan irisan dari seluruh pernyataan tersebut. Setelah itu, Anda dapat menemukan seperti apa gambaran penonton video animasi iklan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Gunakan secara maksimal, tentukan cara menentukan target penonton video animasi iklan bisnis Anda dengan penggunaan teknik khusus, dipasang di chanel yang tepat dan lain sebagainya.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

9 Fakta Tentang Video Animasi untuk Media Promosi

9 Fakta Tentang Video Animasi untuk Media Promosi

Apa yang kamu temukan saat membuka social media atau website sebuah perusahaan dan toko online? Konten berupa tulisan, gambar dan video tentu akan banyak dimuat disana. Salah satu konten yang juga banyak di-share oleh orang-orang di social media adalah konten video.

Berbagai konten video, mulai dari gaya hidup, kuliner, insight, berita dan lain sebagainya, bisa kamu jumpai hampir setiap harinya. Konten berupa video memang dianggap memiliki daya tarik yang lebih tinggi dibandingkan konten tulisan dan gambar.

Popularitas konten video bisa dibilang terus meningkat. Video menjadi suatu media komunikasi yang menyampaikan berbagai hal. Contohnya jika kamu ingin menyebarkan pesan tentang bahaya merokok, menginformasikan produk dalam bisnis online hingga membuat video tutorial tentang apapun.

Hal tersebut membuat bisnis-bisnis dibidang advertising dan marketing pun semakin marak, karena pembuatan video animasi iklan untuk kepentingan promosi yang terbukti efektif meningkatkan penjualan bisnis para klienya.

Fakta Tentang Video

Mengapa konten video menjadi lebih menarik dibandingkan konten gambar atau tulisan? Berikut ini ada beberapa fakta tentang video animasi, yang akan mendukung bisnis atau usahamu menjadi semakin dikenal dan populer:

  • Video animasi merupakan tren promosi yang paling populer saat ini
  • Saat menggunakan video animasi , kesempatan untuk muncul di halaman pertama Google lebih besar. Rata-rata kesempatan itu naik sebanyak 53x- Laporan Comscore
  • Video dengan durasi 1 menit, ternyata setara dengan 1.8 juta kata. Hal ini dikemukakan oleh Dr. James McQuivey dari Forrestar Research
  • Konten dengan link video animasi , ternyata akan menari 3 kali pengunjung lebih banyak
  • Pencarian berbasis video, Youtube, memiliki lebih dari 1 juta pengguna setiap bulannya
  • Video animasi produk itu akan lebih terekspose, sehingga menjadi viral dan disukai di media social
  • Lebih dari 100 juta pengguna internet, telah melihat konten video online per harinya (berdasarkan laporan videoBrewery
  • Sebanyak 52% dari pembeli mengatakan bahwa setelah melihat video mengenai deskripsi produk tersebut, mereka lebih percaya untuk melakukan pembelian produk itu (laporan dari invodo)
  • Sebanyak 80% konsumen telah meyakini video animasi explainer demo mengenai suatu barang, serta akan membantu mereka dalam menentukan keputusan untuk membeli

Dengan mempertimbangkan fakta-fakta di atas, kamu sudah bisa mengambil keputusan untuk membuat video sebagai salah satu alat promosi bisnis kamu. Membuat video animasi iklan adalah salah satu cara promosi lewat video yang bisa kamu coba.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

3 Jenis Animasi untuk Promosi Bisnis Online Anda

3 Jenis Animasi untuk Promosi Bisnis Online Anda 

Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang dianggap paling mudah untuk dijalankan. Tidak heran, banyak orang memilih bisnis online sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Namun, bagaimana agar bisnis online bisa maksimal dalam memberikan keuntungan? Mengingat saat ini, kompetitor begitu banyak yang terkadang menjadi salah satu kendala dalam menjalankan bisnis online.

Salah satu cara yang wajib dilakukan untuk memaksimalkan bisnis online adalah dengan promosi menggunakan animasi. Animasi bukan saja sebatas kartun, tetapi merupakan gambar yang bergerak. Dengan jenis animasi seperti itu, rupanya iklan bisnis online Anda untuk promosi akan tampak lebih menarik dan berbeda dari biasanya.

Jenis Animasi untuk Promosi Bisnis Online Anda

Terdapat beberapa jenis animasi yang digunakan sejak dulu hingga saat ini, sebagai alat untuk promosi bisnis online. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis animasi untuk promosi bisnis online Anda. Berikut ulasannya:

Animasi Tradisional

Animasi tradisional adalah bentuk yang paling konvensional dari gambar bergerak. Animasi tradisional dibuat oleh seorang animator, melalui tahapan frame by frame, hingga membentuk rangkaian gerakan. Animasi tradisional mungkin sudah cukup jarang digunakan saat ini, tetapi, kesan klasik dan estetika belum bisa tergantikan.

Animasi 2D

Jenis animasi ini cukup populer di tahun 2000 hingga 2010 yang lalu. Animasi berbasis vector ini menggunakan sebuah software. Animasi 2D juga dikerjakan dengan komputer dan masih menggunakan teknik yang sama dengan animasi tradisional. Animasi jenis 2D ini juga biasanya dijalankan dengan menggunakan Flash.

Animasi 3D

Animasi jenis 3 dimensi ini menggunakan prinsip gerakan dan dikerjakan secara komputerisasi. Berbeda dengan animasi 2D yang mungkin masih merupakan animasi tradisional. Animasi 3D ini sangat cocok dipilih untuk promosi bisnis online Anda, karena animasi ini akan dibuat iklan berupa gambar, teks atau video klip yang bisa dibuat sesuai keinginan.

Jenis animasi 3D rupanya merupakan animasi baru yang kini lebih banyak digunakan sebagai alat promosi yang efektif dan lebih menarik dari segi tampilannya. Anda bisa menggunakan jenis animasi tersebut untuk promosi bisnis online.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

 

 

5 Contoh Video Explainer Terbaik yang Bisa Menginspirasi Bisnis Anda

5 Contoh Video Explainer Terbaik yang Bisa Menginspirasi Bisnis Anda

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa menggunakan video explainer, berupa video animasi untuk promosi bisnis Anda, dapat meningkatkan penjualan dan mempermudah memperkenalkan bisnis kita kepada banyak orang. Video explainer yang dibuat harus penuh dengan unsur kreatifitas, warna, suara dan penjelasan yang detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Seperti beberapa video explainer yang akan dibahas pada artikel berikut ini. Beberapa brand besar dibawah ini, juga membuat video animasi iklan, untuk mempromosikan bisnisnya kepada calon konsumen potensial. Berikut ini, 5 contoh video explainer terbaik yang bisa menginspirasi bisnis Anda, untuk membuat video animasi serupa yang menarik perhatian calon konsumen Anda.

Video Explainer Terbaik yang Bisa Menginspirasi Bisnis Anda

1. Airbnb

Airbnb merupakan salah satu brand di bidang jasa akomodasi yang kini tersebar di berbagai negara. Dalam video explainernya, Airbnb telah mengkombinasikan antara live action dengan animasi, untuk menonjolkan keunikan dari jasa yang ditawarkan Airbnb itu sendiri.

2. Spotify

Selanjutnya, ada Spotify yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan banyak music dengan cara yang baru. Dalam video explainernya, Brand ini menggabungkan animasi lucu dengan diiringi soundtrack music yang rockin, untuk menjelaskan tentang konsep music digital mereka kepada public. Uniknya, latarbelakang serta warna dalam video tersebut memperlihatkan logo dan warna Spotify sebagai brandnya.

3. PooPourri

Merek produk pengharum toilet ini sebenarnya sudah terkenal di situs e-commerce Amazon. PooPourri juga menggunakan video animasi explainer dengan bentuk live action yang menyuguhkan sedikit komedi dengan tetap terkait pada penggunaan Poopourri itu sendiri.

4. Dollar Shave Club

Produk pisau cukur untuk pria di Amerika ini, juga menggunakan video animasi explainer sebagai metode promosi yang efektif.  Dalam video tersebut, mereka memulai dengan obrolan mengenai produk dan pelayanan mereka. Video animasi mereka juga menggabungkan antara humor dengan edukasi seputar pisau cukur tersebut.

5. Mint

Video animasi explainer yang Mint gunakan ini terkesan lebih simple dibandingkan dari brand- brand sebelumnya. Meskipun begitu, video tersebut dapat menjelaskan kepada penontonnya, tentang mengatur keuangan yang baik lewat gambar ilustrasi dan animasi video yang sangat mengedukasi.

Demikian beberapa contoh video explainer terbaik yang bisa menginspirasi bisnis Anda, untuk melakukan promosi yang lebih baik. Selamat mencoba!

Tertarik dengan artikel diatas? Jika tertarik dan suka silahkan share ke media sosial kamu agar teman teman kamu bisa melihat artikel ini

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

Apa itu Iklan Animasi dan Fungsinya Dalam Bisnis

Apa itu Iklan Animasi dan Fungsinya Dalam Bisnis >>

Tahukah Anda apa itu iklan animasi? Sebelum banyak digunakan dalam kegiatan promosi suatu bisnis seperti saat ini, iklan animasi yang hadir dalam bentuk video explainer telah lebih dulu digunakan dalam dunia pendidikan. Iklan animasi ini digunakan  untuk membuat anak-anak lebih tertarik saat menonton dan lebih mudah memahami suatu pelajaran tertentu.

Seiring berkembangnya teknologi, ternyata iklan animasi juga efektif digunakan dalam kegiatan promosi sebuah bisnis. Pembuatan iklan animasi dalam bentuk video ini biasanya dilakukan oleh jasa animasi explainer, yaitu perusahaan yang khusus membuat video iklan animasi untuk perusahaan atau bisnis tertentu.

Sebagai pemilik bisnis, khususnya Anda yang merupakan pemula dalam bisnis, sangat disarankan untuk mencoba melakukan strategi iklan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda lewat iklan animasi.

Iklan Animasi dan Fungsinya Dalam Bisnis

Sebuah Iklan merupakan salah satu hal penting yang dapat memperkenalkan bisnis kita kepada calon konsumen yang ditargetkan. Bukan saja iklan di media cetak, dan sosial media, rupanya iklan animasi kini banyak digunakan sebagai salah satu alternatif beriklan yang efektif. Penggunaan animasi terbukti dapat mengurangi biaya iklan yang biasanya cukup besar.

Saat ini, Iklan animasi yang banyak digunakan sebagai media promosi suatu bisnis hadir dalam bentuk video explainer. Jenis video animasi seperti ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk memudahkan serta mempercepat pelanggan mengetahui apa saja benefit serta jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Dari sisi perusahaan, hal ini tentu dapat mempermudah promosi yang dilakukan.

Tidak hanya dapat menghemat biaya promosi, menggunakan iklan animasi dalam bentuk video explainer ini juga terkesan lebih menarik. Penyampaian materi promosi juga jauh lebih sederhana dan tidak berbelit-belit. Jika target konsumen Anda adalah kaum milenial, maka penggunaan iklan animasi ini sangat cocok ditujukan untuk mereka.

Hingga kini, telah banyak yang membuktikan bahwa penggunaan video animasi explainer untuk iklan animasi sebuah bisnis, dapat membantu meningkatkan penjualan dengan cukup signifikan. Iklan animasi  yang diproduksi dengan baik, bahkan dapat meningkatkan optimasi bisnis online Anda di halaman utama Google.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

Mengenal Jenis Video Animasi yang Banyak Digunakan Saat ini

Mengenal Jenis Video Animasi yang Banyak Digunakan Saat ini >>

Tahukah Anda bahwa video animasi yang sering kita saksikan lewat televisi hingga Youtube saat ini, terdiri dari beberapa jenis. Jumlah video animasi yang beredar melalui internet saja, saat ini mungkin sudah mencapai jutaan video, mulai dari video animasi gaya hidup, fashion, olahraga, edukasi, hobi dan lain sebagainya.

Jenis Video Animasi dan Cara Memilih Video yang Sesuai

Video animasi sepertinya sudah banyak memiliki penggemar, baik secara personal maupun untuk kebutuhan komersil. Video animasi sendiri ternyata memiliki beberapa jenis yang banyak dimanfaatkan saat ini. Berikut jenis video animasi explainer beserta cara memilih video yang sesuai kebutuhan:

Animasi 2D

Jenis video animasi yang pertama adalah Animasi 2D. Dengan animasi jenis ini, kita memungkinkan membuat video berdasarkan warna dan karakter yang ingin digunakan. Anda bahkan bisa mengcustome karakternya, mulai dari jenis kelamin, model rambut yang sesuai keinginan.

Selanjutnya adalah video animasi jenis stop motion.  Jenis videonya ini akan memberikan efek kreatif, dimana seolah-olah karakter itu hidup dalam video tersebut. Umumnya, jenis video animasi ini banyak digunakan untuk keperluan edukasi. Penonton dewasa kurang cocok diberikan video jenis ini.

Whiteboard Animation

Menggunakan video animasi jenis whiteboard animation cukup rumit. Videonya harus sangat terstruktur dan fungsinya untuk menyampaikan pesan secara singkat dan efektif untuk penontonnya. Umumnya penonton video animasi whiteboard ini adalah mereka yang berusia 25 tahun keatas. Kesan video animasi jenis ini, harus mampu membuat penontonnya penasaran akan pesan yang sedang disampaikan dalam video tersebut.

Motion Graphics

Jenis video animasi yang terakhir adalah jenis motion graphics yang banyak memberikan warna. Sekilas, jenis video animasi motion graphics ini sama dengan whiteboard animasi, namun ada perbedaannya. Dalam motion graphics tidak hanya warna yang banyak, tetapi dapat juga menggunakan berbagai style dan jenis fonts dalam setiap video yang dibuat.

Umumnya, jenis video animasi ini banyak diperuntukan bagi para professional dan dewasa, karena di dalam videonya ada banyak penjelasan mengenai hal yang rumit dengan cara yang lebih simple.

Demikian pembahasan mengenai jenis video animasi yang saat ini banyak digunakan. Anda bisa memilih video animasi untuk iklan, sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

 

Menaikan Omzet UMKM dengan Penggunaan Video Animasi Explainer

Menaikan Omzet UMKM dengan Penggunaan Video Animasi Explainer >>

UMKM merupakan usaha dalam skala kecil, mikro dan menengah, yang memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. UMKM tentunya mendapatkan dukungan yang penuh dari pemerintah, untuk menyangga ekonomi rakyat Indonesia itu sendiri. Beberapa konsep ekonomi telah diterapkan untuk UMKM, mulai dari ekonomi pertanian, ekonomi pembangunan dan ekonomi kreatif.

Terkait dengan ekonomi kreatif, mau tidak mau, UMKM juga harus mengikuti perkembangan yang terjadi. Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, potensi konsumen akan melibatkan generasi milenial, yang cenderung menyukai hal-hal kreatif, inovatif dan bersifat modern.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk mencoba melakukan promosi yang tepat, untuk meraih potensi market tersebut. Salah satunya dengan promosi melalui video animasi explainer.

Menaikan Omzet UMKM dengan Video Animasi Explainer

Video animasi explainer merupakan jenis video yang sering digunakan oleh perusahaan maupun bisnis start-up, untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumennya. Melihat potensi daya jual yang dihasilkan video explainer tersebut cukup besar, pihak UMKM sebaiknya juga mulai mengikuti trend ini.

Pihak UMKM dapat bekerjasama dengan perusahaan pembuat iklan animasi, yang memiliki portofolio lengkap tentang pembuatan video animasi explainer dari klien mereka sebelumnya. Umumnya, perusahaan tersebut menawarkan beberapa jasa untuk pihak UMKM, seperti:

  • Concept Maker, konsultasi bidang digital media untuk pembuatan foto, video animasi explainer, web, buku resep dan lain sebagainya
  • Pembuatan Video, pembuatan video iklan tertentu seperti video live action juga video animasi untuk promosi produk atau jasa
  • Photography, jasa fotografi untuk menghasilkan foto terbaik, agar membantu pihak UMKM meningkatkan profil bisnisnya
  • Web Design and Web Application, jasa pembuatan website untuk perusahaan, online shop hingga website pribadi. Pihak UMKM tentunya akan memerlukan jasa semacam ini

Dengan adanya perusahaan jasa pembuatan video animasi explainer hingga website untuk toko online, pelaku UMKM di Indonesia tentunya dapat terbantu dari segi promosi secara digital, untuk terus meningkatkan penjualan dan menaikan omzet dengan penggunaan video animasi explainer.

Contoh Video Animasi Explainer

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah 

5 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Iklan Animasi Explainer untuk Promosi

Beberapa perusahaan startup, hampir selalu menggunakan iklan animasi sebagai strategi promosi yang efektif.  Iklan animasi tersebut umumnya hadir dalam bentuk video explainer, disertai dengan audio yang menjelaskan secara detail, tepat namun singkat, terkait dengan produk atau jasa dari suatu perusahaan tertentu.

Alasan Menggunakan Iklan Animasi Explainer untuk Promosi

Anda merupakan seorang pengusaha pemula yang mungkin belum pernah mencoba promosi dengan iklan animasi explainer? Sebaiknya ketahui terlebih dulu tentang alasan penggunaan iklan animasi explainer. Apa saja alasan menggunakan iklan animasi explainer, berikut ulasannya:

  • Animasi Iklan Bergerak yang Menarik

Tampilan iklan animasi yang bergerak dan berkarakter, membuat iklan suatu bisnis menjadi lebih menarik. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

  • Hemat Biaya Iklan

Iklan animasi lebih menghemat biaya iklan, sebab, Iklan animasi bisa dibuat disatu tempat saja, dari proses awal hingga akhir. Berbeda dengan Iklan non animasi, yang membutuhkan banyak biaya, seperti menyewa studio untuk syuting, membayar properti, model iklan dan lain sebagainya.

  • Memiliki Karakter yang Iconik

Iklan animasi biasanya menampilkan karakter khusus yang akan selalu diingat oleh para konsumen. Alasan iklan animasi yang ikonik ini tentunya penting bagi pebisnis untuk tetap bertahan dalam bisnis dan meningkatkan penjualan.

  • Animasi Lebih Efektif

Berdasarkan hasil penelitian dari Crisp Media, video animasi ternyata 4.5 kali lebih efektif dibandingkan iklan tradisional. Video animasi dalam bentuk iklan, berpotensi menari 24/7 pelanggan potensial Anda.

  • Iklan Animasi Bisa di Share

iklan animasi berupa video animasi explainer, berpotensi untuk menjadi viral di social media. Iklan animasi tersebut bisa Anda share lewat beberapa social media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Linkedin.

Bagaimana, Anda tertarik untuk membuat promosi produk dengan iklan animasi explainer? Pastikan Anda sudah mengetahui beberapa alasan menggunakan iklan Animasi untuk promosi dan gunakan jasa pembuatan video animasi explainer, untuk promosi yang lebih baik.

Ingin buat iklan animasi? Klik Tombol dibawah ini yah